Orang Paling Keren

oleh Budi Rahardjo

Alur tulisan, diskusi, posting, blog entry, dan sejenisnya yang berjudul "Orang Paling Keren" dimulai dari tantangan kelompok Multi Level Marketing (MLM) untuk "memanipulasi" hasil search engine. Intinya adalah siapa yang paling atas posisinya dialah yang menang. (Lihat artikel orang paling keren di blog saya.) Setelah saya pikir-pikir, nampaknya topik "orang paling keren" menarik juga untuk dibahas dalam sebuah tulisan yang lebih serius. Thus, this article.

Tulisan ini bukan bermaksud mengatakan bahwa saya adalah orang yang paling keren, tapi sekedar untuk mengutarakan pendapat saja. Kalau ditanya tentang orang yang paling keren, saya juga bingung. Siapa ya? Lalu, keren dari sudut pandang apa ya? Uang? Gaya hidup? Wajah? Tampilan? Kelakuan? Atau apa? (Sayang artikel ini bukan sebuah entry blog yang bisa diberi komentar. Jika Anda ingin memberi komentar, silahkan lihat tulisan saya tentang orang paling keren di wordpress. Lihat link di bawah.)

Dalam pandangan saya, orang menilai kekerenan seseorang dari penampilannya. Ada yang dibilang keren karena kecantikan atau kegantengannya. Biasanya bintang film masuk ke kategori yang ini. Kalau sudah tua dan keriput apakah dia masih dianggap keren? Entahlah. Jadi jangan menganggap kecantikan atau kegantengan bagian dari keren.

Ada yang keren karena dandanannya yang aduhai, wah, perlente (apa lagi istilah yang cocok untuk ini?). Kalau pagi-pagi habis bangun tidur, baru kelihatan aslinya.

Oh My God! That's what you look like? Ha ha ha.
Alamak! Takut aku!

Ada yang dianggap orang paling keren karena mobil yang dikendarainya (meskipun bukan mobil miliknya alias pinjaman, ha ha ha). Ini serius lho. Pernah pada suatu saat saya pakai mobil yang agak "keren". Satpam dan tukang parkir di sebuah hotel (di Jakarta), sangat menghargai. Sementara itu ada yang mengendarai mobil yang dianggap "tidak keren" tidak terlalu dilayani. Padahal, secara nilai (harga), mobil orang tersebut berharga 3 atau 5 kali harga mobil yang saya kendarai. Jadi memang benar ada yang menilai kekerenan berdasarkan kendaraan yang digunakan. Mudah-mudahan kita tidak ikutan jalur ini.

Ada yang dianggap orang paling keren karena kelakuan negatifnya (dare devil). Misalnya, ada anak-anak yang menganggap orang yang merokok itu keren. Eh, ini serius. Orang tahu bahwa rokok itu tidak keren, tapi orang tetap menganggap bahwa orang yang merokok itu keren. Itulah sebabnya tulisan kecil (disclaimer) yang ada di iklan rokok (yang mengatakan bahwa rokok dapat mengakibatkan berbagai penyakit) tidak dianggap. Yang penting adalah orangnya kereeeeenn. Sayang sekali ya?

Apa lagi ya? Duittt... yang ini nggak usah dibahas.

Jadi bagaimana dengan kita-kita ini yang biasa-biasa saja? Nampaknya kita bukan termasuk orang yang paling keren. Biarin! Yang penting kita bahagia. Buat apa dianggap keren tapi kita menderita. Ya nggak?

Oh ya, agar jelas saja, saya tidak mengikuti kontes tersebut karena saya tidak ikutan (dan tidak tertarik dengan) MLM. Saya tidak tertarik dengan hadiahnya. (Bagi pemenangnya, traktir ya!) Tulisan ini hanya sekedar renungan saja. (Eh, kalau menang lomba MLM itu keren nggak ya?)

Yang Keren Lainnya

Selain orang paling keren, ada juga kategori lainnya yaitu buku paling keren, musik paling keren, film paling keren, kampus paling keren, kota paling keren, mobil paling keren, dan ternyata masih banyak lagi ya. Yang pasti bukan orangnya yang paling keren. he he he.

Kembali ke soal buku paling keren. Wah, menurut saya kalau buku paling keren ada banyak, seperti misalnya Codebook (Simon Singh), Code (Lawrence Lessig), Good to Great (Jim Collins). Saking banyaknya buku yang keren, tidak bisa saya tuliskan semua di sini.

Kalau film yang paling keren menurt saya adalah yang ada Harrison Ford atau Martin Lawrence. Film-film Harrison Ford biasanya tegang, suspense. Mulai dari Starwars, Indiana Jones, sampai ke Firewall semuanya bagus. Jelas Harrison Ford adalah aktor paling keren. Kalau Martin Lawrence, filmnya selalu lucu (bodor). Biarpun ceritanya serius, tetap saja bodor. Jadi keren! Yang paling suka dari Martin Lawrence adalah film Blue Streak. Betul-betul lucu dan keren.

Kansas_Leftoverture_Cover Kalau album musik yang paling keren adalah album Leftoverture dari band Kansas. Musiknya progressive rock tapi tidak terlalu keras sehingga enak didengar. Selain itu, lirik-lirik lagunya sangat indah; tentang kehidupan (the wall), tentang perjuangan kaum Indian di Amerika (cheyene anthem), dan masih banyak lagi. Pokoknya lagu paling keren ada di album ini.

Gambar sampul albumnya juga keren; gambar orang tua yang sedang membuat tulisan (opus?). Lihat gambar di samping ini. Keren kan? This is the best and coolest album, ever. Tentu saja Anda boleh beda pendapat.

Link Terkait

Tulisan saya tentang orang paling keren di blog rahard.wordpress.com, posting Priyadi tentang orang paling keren, dan Masih banyak link-link yang lain, tapi saya lihat isinya aneh. Kebanyakan memang hanya untuk mengakali search engin itu saja. Aduh...